Belajar Java: Memahami 3 Bentuk Percabangan dalam Java
Kalau kita perhatikan, alur pengeksekusian sebuah kode program dikerjakan satu per satu dari atas
sampai ke bawah.
Baris demi baris dibaca, kemudian komputer mengerjakan apa yang diperintahkan.
Misalnya seperti ini:
Alur programnya satu, tidak ada belokan atau percabangan.
Ngomong-ngomong apa itu percabangan?
Percabangan hanyalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut alur program yang bercabang.
Percabangan juga dikenal dengan “Control Flow”, “Struktur Kondisi”, “Struktur IF”, “Decision”, dsb. Semuanya itu sama.
Pada diagram alur (Flow Chart) seperti di atas, alurnya memang satu.
Tapi setelah kita menggunakan percabangan, alurnya akan bertambah menjadi seperti ini.
Lalu bagaimana cara menulis kode percabangan dalam Java?
Caranya: menggunakan kata kunci
Contoh format stuktur IF seperti ini:
Untuk lebih jelasnya, nanti akan kita bahas.
Sebelumnya, kamu perlu tahu dulu tiga bentuk percabangan pada Java:
Tapi kalau salah… tidak akan melakukan apa-apa. Alias lanjut eksekusi ke perintah berikutnya.
Contoh:
untuk lebih jelasnya…
Maka programnya bisa kita buat seperti ini:
Cobalah untuk memberikan nilai di bawah
IF: “Jika kondisi benar maka kerjakan ini, kalau tidak silahkan lanjut”
IF/ESLE: “Jika kondisi benar maka kerjakan ini, kalau salah maka kerjakan yang itu, setelah itu lanjut”
Begitulah perbedaan IF dengan IF/ELSE.
Sekarang mari kita coba dalam kode program…
Programnya bisa kita buat seperti ini:
Cobalah untuk merubah nilai yang dimasukkan dan perhatikan apa yang akan terjadi.
Seperti yang sudah kita pelajari pada pembahasan tentang operator. Operator ternary memiliki konsep yang sama seperti percabganan IF/ELSE.
Contoh programnya:
Formatnya seperti ini:
Jika nilainya lebih besar dari
Lebih jelasnya, mari kita buat program.
Bedanya, percabangan ini menggunakan kata kunci
Formatnya juga berbeda, tapi cara kerjanya sama.
Kalau iya, maka kerjakan kode yang ada di dalam
Bisa juga betuknya berbeda, misalnya seperti ini:
Contoh program dengan percabangan SWITCH/CASE
Eksperimen: Cobalah untuk menghilangkan
Sebenarnya pembahasan ini saya ingin pisahkan. Namun, baiknya digabungkan di sini aja.
Anggap saja pembahasan bonus .
Baiklah…
Jadi, percabangan itu bisa dibuat di dalam percabangan. Kadang teknik ini disebut juga nested if.
Contoh kasus:
Misalnya ada model bisinis seperti ini di sebuah toko. Ketika orang membayar di kasir, biasanya ditanya ada kartu member untuk mendapatkan diskon dan sebagainya.
Kalau tidak, coba perhatikan flow chart-nya:
Masih belum paham?
Kalau begitu mari kita coba dalam program.
Silahkan buat class baru bernama
Cobalah untuk mengubah nilai yang dimasukkan dan perhatikan hasilnya.
Mungkin di sana ada yang perlu diperhatikan:
Di Java memang seperti itu.
Kalau kita ingin membandingkan nilai String, ya… menggunakan fungsi yang dua tadi.
Tapi, kalau membandingkan selain String, maka bisa pakai operator
Misal ada program Tilang dengan logika seperti ini:
Hal ini sebenarnya bisa disingkat dengan operator logika, sehingga menjadi seperti ini:
Karena logikanya: Si pengendara tidak akan ditilang kalau punya SIM dan STNK.
Intinya pahami yang tiga bentuk itu. Kemudian cobalah cari contoh kasus yang berbeda.
Semakin banyak latihan semakin mantap.
Ada pertanyaan?
Selanjutnya, silahkan pelajari tentang Perulangan dalam Java.
Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan .
source : https://www.petanikode.com/java-percabangan/
Baris demi baris dibaca, kemudian komputer mengerjakan apa yang diperintahkan.
Misalnya seperti ini:
Alur programnya satu, tidak ada belokan atau percabangan.
Ngomong-ngomong apa itu percabangan?
Percabangan hanyalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut alur program yang bercabang.
Percabangan juga dikenal dengan “Control Flow”, “Struktur Kondisi”, “Struktur IF”, “Decision”, dsb. Semuanya itu sama.
Pada diagram alur (Flow Chart) seperti di atas, alurnya memang satu.
Tapi setelah kita menggunakan percabangan, alurnya akan bertambah menjadi seperti ini.
Lalu bagaimana cara menulis kode percabangan dalam Java?
Caranya: menggunakan kata kunci
if
, else
, switch
, dan case
, dan operator ternary.Contoh format stuktur IF seperti ini:
if( suatu_kondisi ) {
// lakukan sesuatu kalau kondisi benar
// Lakukan ini juga
}
suatu_kondisi
hanya bernilai true
/false
saja. Kita bisa gunakan operator
relasi dan logika di sini.Untuk lebih jelasnya, nanti akan kita bahas.
Sebelumnya, kamu perlu tahu dulu tiga bentuk percabangan pada Java:
- Percabangan IF
- Percabangan IF/ELSE
- Percabangan IF/ELSE/IF atau SWITCH/CASE
1. Percabangan IF
Percabangan ini hanya memiliki satu pilihan. Artinya, pilihan di dalam IF hanya akan dikerjakan kalau kondisinya benar.Tapi kalau salah… tidak akan melakukan apa-apa. Alias lanjut eksekusi ke perintah berikutnya.
Contoh:
Pernahkah kalian belanja di toko, kemudian kalau belanja di atas sekian ribu dapat hadiah atau diskon.Nah! Contoh kasus seperti itu, dapat kita selesaikan dengan menggunakan percabangan ini.
untuk lebih jelasnya…
Mari Kita Membuat Program Hadiah
Misalkan ada sebuah toko buku. Mereka memberikan hadiah berupa perlengkapan sekolah kepada pembeli yang belanja di atas Rp 100.000.Maka programnya bisa kita buat seperti ini:
import java.util.Scanner;
public class Hadiah {
public static void main(String[] args) {
// membuat variabel belanja dan scanner
int belanja = 0;
Scanner scan = new Scanner(System.in);
// mengambil input
System.out.print("Total Belanjaan: Rp ");
belanja = scan.nextInt();
// cek apakah dia belanja di atas 100000
if ( belanja > 100000 ) {
System.out.println("Selamat, anda mendapatkan hadiah!");
}
System.out.println("Terima kasih...");
}
}
Jalankan programnya dan perhatikanlah hasilnya.Cobalah untuk memberikan nilai di bawah
100000
dan perhatikan apa akan yang terjadi.2. Percabangan IF/ELSE
Sedangkan percabangan IF/ELSE memiliki pilihan alternatif kalau kondisinya salah.IF: “Jika kondisi benar maka kerjakan ini, kalau tidak silahkan lanjut”
IF/ESLE: “Jika kondisi benar maka kerjakan ini, kalau salah maka kerjakan yang itu, setelah itu lanjut”
Begitulah perbedaan IF dengan IF/ELSE.
Sekarang mari kita coba dalam kode program…
Program Cek Kelulusan
Misalkan, kalau nilai siswa lebih besar dari 70, maka ia dinyatakan lulus. Kalau tidak, maka dia gagal.Programnya bisa kita buat seperti ini:
import java.util.Scanner;
public class CekKelulusan {
public static void main(String[] args) {
// membuat variabel dan Scanner
int nilai;
String nama;
Scanner scan = new Scanner(System.in);
// mengambil input
System.out.print("Nama: ");
nama = scan.nextLine();
System.out.print("Nilai: ");
nilai = scan.nextInt();
// cek apakah dia lulus atau tidak
if( nilai >= 70 ) {
System.out.println("Selemat " + nama + ", anda lulus!");
} else {
System.out.println("Maaf " + nama + ", anda gagal");
}
}
}
Hasil outputnya:Cobalah untuk merubah nilai yang dimasukkan dan perhatikan apa yang akan terjadi.
Percabangan IF/ELSE dengan Operator Ternary
Selain menggunakan struktur seperti di atas, percahangan ini juga dapat menggunakan operator ternary.Seperti yang sudah kita pelajari pada pembahasan tentang operator. Operator ternary memiliki konsep yang sama seperti percabganan IF/ELSE.
Contoh programnya:
public class OperatorTernary {
public static void main(String[] args) {
boolean suka = true;
String jawaban;
// menggunakan operator ternary
jawaban = suka ? "iya" : "tidak";
// menampilkan jawaban
System.out.println(jawaban);
}
}
3. Percabangan IF/ELSE/IF dan SWITCH/CASE
Jika percabangan IF/ESLE hanya memiliki dua pilihan saja. Maka percahangan IF/ELSE/IF memiliki lebih dari dua pilihan.Formatnya seperti ini:
if (suatu kondisi) {
// maka kerjakan ini
// kerjakan perintah ini juga
// …
} else if (kondisi lain) {
// kerjakan ini
// kerjakan ini juga
// …
} else if (kondisi yang lain lagi) {
// kerjakan perintah ini
// kerjakan ini juga
// …
} esle {
// kerjakan ini kalau
// semua kondisi di atas
// tidak ada yang benar
// …
}
Coba perhatikan contohnya:Jika nilainya lebih besar dari
90
, maka grade-nya “A”.
Sedangkan kalau lebih besar dari 80
, maka “B+”. Lebih besar
dari 70
, maka “B”, dan seterusnya.Lebih jelasnya, mari kita buat program.
Program HitungGrade
Silahkan buat sebuah class baru bernamaHitungGrade
, kemudian ikuti kode
program berikut.import java.util.Scanner;
public class HitungGrade {
public static void main(String[] args) {
// membuat variabel dan scanner
int nilai;
String grade;
Scanner scan = new Scanner(System.in);
// mengambil input
System.out.print("Inputkan nilai: ");
nilai = scan.nextInt();
// higung gradenya
if ( nilai >= 90 ) {
grade = "A";
} else if ( nilai >= 80 ){
grade = "B+";
} else if ( nilai >= 70 ){
grade = "B";
} else if ( nilai >= 60 ){
grade = "C+";
} else if ( nilai >= 50 ){
grade = "C";
} else if ( nilai >= 40 ){
grade = "D";
} else {
grade = "E";
}
// cetak hasilnya
System.out.println("Grade: " + grade);
}
}
Hasil outputnya:Percabangan SWITCH/CASE
Percabangan SWITCH/CASE sebenarnya adalah bentuk lain dari IF/ELSE/IF.Bedanya, percabangan ini menggunakan kata kunci
switch
dan case
.Formatnya juga berbeda, tapi cara kerjanya sama.
switch(variabel){
case 1:
// kerjakan kode ini
// kode ini juga
break;
case 2:
// kerjakan kode ini
// kode ini juga
break;
case 3:
// kerjakan kode ini
// kode ini juga
break;
default:
// kerjakan kode ini
// kode ini juga
break;
}
Perhatikan: case 1
artinya nilai variabel
yang akan dibandingkan, apakah nilainya
sama dengan 1
atau tidak.Kalau iya, maka kerjakan kode yang ada di dalam
case 1
.Bisa juga betuknya berbeda, misalnya seperti ini:
switch (variabel) {
case 'A':
// lakukan sesuatu
break;
case 'B':
// lakukan ini
break;
default:
// lakukan ini
}
Perlu diperhatikan juga: di sana ada kata kunci break
dan default
.break
artinya berhenti. Ini untuk memerintahkan komputer untuk berhenti mengecekcase
yang lainnya.default
artinya jika nilai variabel tidak ada yang sama dengan pilihan case di atas, maka kerjakan kode yang ada di dalamdefault
.
default
bisa juga tidak memiliki break
, karena dia adalah pilihan terakhir.
Artinya pengecekan akan berakhir di situ.Contoh program dengan percabangan SWITCH/CASE
import java.util.Scanner;
public class LampuLalulintas {
public static void main(String[] args) {
// membuat variabel dan Scanner
String lampu;
Scanner scan = new Scanner(System.in);
// mengambil input
System.out.print("Inputkan nama warna: ");
lampu = scan.nextLine();
switch(lampu){
case "merah":
System.out.println("Lampu merah, berhenti!");
break;
case "kuning":
System.out.println("Lampu kuning, harap hati-hati!");
break;
case "hijau":
System.out.println("Lampu hijau, silahkan jalan!");
break;
default:
System.out.println("Warna lampu salah!");
}
}
}
Hasil outputnya:Eksperimen: Cobalah untuk menghilangkan
break
di salah satu case
dan
perhatikanlah hasilnya.Percabangan dalam Percabangan (Nested)
Kita sudah tahu tiga bentuk dasar percabganan di Java. Selanjutnya, kita coba bahas percabangan yang ada di dalam perbangan (perabangan bersarang).Sebenarnya pembahasan ini saya ingin pisahkan. Namun, baiknya digabungkan di sini aja.
Anggap saja pembahasan bonus .
Baiklah…
Jadi, percabangan itu bisa dibuat di dalam percabangan. Kadang teknik ini disebut juga nested if.
Contoh kasus:
Misalnya ada model bisinis seperti ini di sebuah toko. Ketika orang membayar di kasir, biasanya ditanya ada kartu member untuk mendapatkan diskon dan sebagainya.
Apakah anda punya kartu member?
- ya
* Apakah belanjaan anda lebih dari 500rb?
# ya : mendapatkan diskon 50rb
# tidak : tidak mendapatkan diskon
* Apakah belanjaan anda lebih dari 100rb?
# ya : mendapatkan diskon 15rb
# tidak: tidak mendapatkan diskon
- tidak
* Apakah belanjaan anda lebih dari 100rb?
# ya : mendapatkan diskon 10rb
# tidak: tidak mendapatkan diskon
Paham?Kalau tidak, coba perhatikan flow chart-nya:
Masih belum paham?
Kalau begitu mari kita coba dalam program.
Silahkan buat class baru bernama
Kasir
dan ikuti kode program berikut ini.import java.util.Scanner;
public class Kasir {
public static void main(String[] args) {
// deklarasi variabel dan Scanner
int belanjaan, diskon, bayar;
String kartu;
Scanner scan = new Scanner(System.in);
// mengambil input
System.out.print("Apakah ada kartu member: ");
kartu = scan.nextLine();
System.out.print("Total belanjaan: ");
belanjaan = scan.nextInt();
// proses
if (kartu.equalsIgnoreCase("ya")) {
if (belanjaan > 500000) {
diskon = 50000;
} else if (belanjaan > 100000) {
diskon = 15000;
} else {
diskon = 0;
}
} else {
if (belanjaan > 100000) {
diskon = 5000;
} else {
diskon = 0;
}
}
// total yang harus dibayar
bayar = belanjaan - diskon;
// output
System.out.println("Total Bayar: Rp " + bayar);
}
}
Hasil outputnya:Cobalah untuk mengubah nilai yang dimasukkan dan perhatikan hasilnya.
Mungkin di sana ada yang perlu diperhatikan:
- Fungsi
equalsIgnoreCase("ya")
digunakan untuk membandingkan String dengan tidak memperdulikan huruf besar dan kecilnya. - Ada juga Fungsi
equals()
, fungsinya sama. Tapiequals()
akan memperhatikan case hurufnya.
==
atau !=
?Di Java memang seperti itu.
Kalau kita ingin membandingkan nilai String, ya… menggunakan fungsi yang dua tadi.
Tapi, kalau membandingkan selain String, maka bisa pakai operator
==
atau
!=
.Menggunakan Operator Logika dalam Percabangan
Operator logika dalam percabangan sebenarnya bisa membuat percabangan menjadi lebih singkat.Misal ada program Tilang dengan logika seperti ini:
public class Tilang {
public static void main(String[] args) {
boolean SIM = false;
boolean STNK = true;
// cek apakah dia akan ditilang atau tidak
if(SIM == true){
if( STNK == true ) {
System.out.println("Tidak ditilang!");
}
} else {
System.out.println("Anda ditilang!");
}
}
}
Perhatikan: di sana kita menggunakan percabangan bersarang untuk mengecek,
apakah dia ditilang atau tidak.Hal ini sebenarnya bisa disingkat dengan operator logika, sehingga menjadi seperti ini:
public class Tilang {
public static void main(String[] args) {
boolean SIM = false;
boolean STNK = true;
// cek apakah dia akan ditilang atau tidak
if(SIM == true && STNK == true){
System.out.println("Tidak ditilang!");
} else {
System.out.println("Anda ditilang!");
}
}
}
Pada kode di atas, kita menggunakan operator AND (&&
).Karena logikanya: Si pengendara tidak akan ditilang kalau punya SIM dan STNK.
Apa Selanjutnya?
Kita sudah peljari beberapa macam bentuk percabagan dan pernak-perniknya, ringkasananya seperti ini:- Percabangan IF, hanya memiliki satu pilihan;
- Percabangan IF/ELSE memiliki dua pilihan;
- Percabangan dengan operator ternary adalah bentuk lain dari IF/ELSE;
- Percabangan IF/ELSE/IF memiliki lebih dari dua pilihan;
- Percabangan SWITCH/CASE adalah bentuk lain dari IF/ELSE/IF;
- Percabangan bersarang adalah percabangan dalam Percabangan;
- Penggunaan operator logika dalam percabangan bisa membuat percabangan menjadi lebih singkat.
Intinya pahami yang tiga bentuk itu. Kemudian cobalah cari contoh kasus yang berbeda.
Semakin banyak latihan semakin mantap.
Ada pertanyaan?
Selanjutnya, silahkan pelajari tentang Perulangan dalam Java.
Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan .
source : https://www.petanikode.com/java-percabangan/
Komentar
Posting Komentar